Kamis, 22 Januari 2015

Indra Djohari EL'83: Manfaat Kandungan Albumin Ikan Gabus yang tinggi untuk Penderita Gagal Ginjal


Banyak penderita gagal ginjal yg cari ikan gabus karena kandungan albuminnya yg sangat tinggi. Albumin adalah salah satu jenis protein di dalam plasma darah.
Sel darah merah kita memang diproduksi di dalam sumsum tulang belakang, tapi untuk memproduksinya diperlukan hormon erythropoietin (EPO)yg berfungsi sebagai controller. Masalahnya, si EPO ini diproduksi di ginjal sehingga penderita gagal ginjal juga akan kekurangan EPO yang berakibat tidak langsung pada produksi sel darah merah. Itu sebabnya penderita gagal ginjal sering kelihatan pucat. Jalan keluar buat penderita gagal ginjal adalah dengan melakukan transfusi darah secara berkala agar Hb bisa naik lagi. Cara lainnya adalah dengan memasukkan hormon EPO melalui injeksi. Suntikan hormon EPO ini sering disalahgunakan oleh atlet balap sepeda (salah satunya Lance Armstrong) karena bisa menambah Hb dalam waktu singkat yg berarti menambah daya endurance dari si atlet. Kalau ada acara lomba balap sepeda, biasanya suntikan EPO susah dicari di Pasar Pramuka karena diborong habis sama peserta balap. Harga suntikan EPO berkisar 250 ribu - 1,5 juta bergantung pada seberapa cepat kita ingin Hb naik.

Selain EPO, penderita gagal ginjal juga harus mengkonsumsi protein yang sangat tinggi. Selain karena diperlukan utk produksi Hb, juga karena sebagian besar protein akan terbuang pada proses cuci darah. Biasanya penderita gagal ginjal akan diminta untuk makan putih telur 3-5 butir per hari. Kuningnya harus dibuang karena kuning telur itu bisa menyebabkan plak di pembuluh darah. Sebagai variasi, supaya tidak bosan, makanya ikan gabus juga disarankan untuk dikonsumsi. Sebaiknya ikan gabus dikukus, direbus, atau dibuat sup. Jangan digoreng atau dibakar karena nilai gizinya akan jauh berkurang.
Kalau penderita gagal ginjal sudah kekurangan albumin, itu alamat bakal tongpes. Karena suntikan EPO ataupun transfusi darah sangat mahal, ditambah harus menambah serum albumin yang juga ampun-ampun mahalnya. Jadi kalau Pak Sjaaf beternak ayam petelur, jualannya jangan jauh-jauh dari penderita gagal ginjal...

sumber : http://senyum-itb.blogspot.com/2013/02/manfaat-kandungan-albumin-ikan-gabus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar